, Etika dan Profesionalisme - Analisis dan Pengujian Sistem pada Website Hotel Orchideli | DHANDY YUSUF SAHYADI | BLOG
Floating Right

Etika dan Profesionalisme - Analisis dan Pengujian Sistem pada Website Hotel Orchideli

  P R O F I L     W E B S I T E  

Website Hotel Orchideli merupakan suatu portal dunia maya yang dibuat oleh suatu badan usaha dalam bentuk jasa penyediaan fasilitas berupa kamar hotel, makanan, minuman serta fasilitas lain yang disediakan guna mempermudah costumer atau pelanggan dalam mencari tempat persinggahan sementara. 

Layanan berupa website ini disediakan guna mempermudah atau pelanggannya dalam mengakses web tersebut, dimanapun serta kapanpun. Dengan fitur-fitur yang disediakan, serta penyuguhan yang menarik, membuat website Hotel Orchideli lebih menarik. Juga penggunaannya yang dapat dilakukan disemua bentuk multi-platform media seperti gadget smartphone, ataupun komputer yang terhubung dengan jaringan internet tentunya.

  F I T U R - F I T U R     W E B S I T E  

a.        Home
Merupakan halaman utama (homepage) yang terdiri dari slider,  fitur, gallery, dan bantuan mengenai informasi Hotel Orchideli.
b.        Layanan
Merupakan halaman yang terdiri dari tentang perusahaan (hotel), layanan yang terdapat dalam hotel, dan harga yang ditawarkan oleh hotel.
c.        Gallery
Merupakan halaman yang berisi gambar-gambar menganai properti yang ada di Hotel Orchideli seperti kamar, kamar mandi, restaurant, dan fitur-fitur lainnya.
d.        FAQ
Merupakan halaman yang berisi daftar pertanyaan-pertanyaan umum mengenai hotel dan solusi yang ditawarkan Hotel Orchideli.
e.        Contact
Merupakan halaman yang berisi kontak pihak hotel yang dapat dihubungi termasuk alamat hotel, jam buka hotel, dan nomer telepon hotel tersebut.
f.        Reservasi
Merupakan halaman sebagai front-page untuk masuk ke dalam sistem reservasi. Terdapat 2 tombol (button) di halaman ini, yaitu sign in dan sign up baik untuk user dan administrator.

  L A N G K A H - L A N G K A H      P E N G G U N A A N      W E B S I T E  


1.        Ketikkan atau input alamat web Hotel Orchideli pada web browser, dengan alamat: http://www.orchidelihotel.esy.es 
2.        Registrasi akun yang akan anda gunakan untuk reservasi pada website Hotel Orchideli, atau apabila sudah memiliki akun cukup dengan melakukan login ke dalamnya. 
3.        Akses yang ditawarkan / menggunakan fitur yang tersedia seperti home, gallery, layanan, faq, contact, dan reservasi. 
4.        Selanjutnya mencoba untuk menggunakan fitur reservasi sebagai costumer atau pelanggan dari Hotel Orchideli yang terdapat pada web.

  A N A L I S I S     M A S A L A H

Pada penulisan ini kami melakukan analisis terhadap proses testing dan implementasi pada website  Hotel Orchideli  menggunakan black-box testing (menguji input dan output tanpa masuk ke dalam pengkodean program) untuk menilai apakah keluaran yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan. Pada proses testing kami melakukan pengujian terhadap Tampilan (User Interface), fungsi fitur-fitur yang disediakan oleh website, contohnya: fitur reservasi on-line, fungsi tombol-tombol pada website apakah berjalan sesuai dengan fungsinya.

Pada tahapan terakhir kami melakukan pengujian pada website berdasarkan sudut pandang user (pengguna) dan admin untuk mengetahui apakah fungsi-fungsi pada fitur website tersebut telah berfungsi dengan semestinya dan kami menganalisa apakah masih terdapat kekurangan pada sistem dalam website tersebut atau tidak.

  M E T O D E     P E N G U J I A N  

Metode Pengujian adalah cara atau teknik untuk menguji perangkat lunak, mempunyai mekanisme untuk menentukan data uji yang dapat menguji perangkat lunak secara lengkap dan mempunyai kemungkinan tinggi untuk menemukan kesalahan.

  P E N G U J I A N     B L A C K - B O X / B L A C K - B O X      T E S T I N G  

Adapun teknik/metode pengujian yang digunakan adalah Black-Box Testing. Teknik ini menguji perangkat lunak tanpa memperhatikan kodingnya, hanya menguji masukan dan keluaran saja dan hanya menilai apakah keluaran yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Pengujian black-box berusaha menemukan kesalahan dalam kategori sebagai berikut :
a.        Fungsi – fungsi yang tidak benar atau hilang. 
b.        Kesalahan interface. 
c.        Kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal. 
d.        Kesalahan kinerja. 
e.        Inisialisasi dan kesalahan terminasi.

Pengujian black-box memperhatrikan stuktur kontrol , maka perhatian berfokus pada domain informasi pengujian dirancang untuk menjawab pertanyan-pertanyaan berikut :
a.        Bagaimana validitas fungsionalitas diuji? 
b.        Kelas input apa yang akan membuat test case menjadi baik? 
c.        Apakah system sangat sensitif terhadap harga input tertentu? 
d.        Bagaimana batasan dari suatu data diisolasi? 
e.        Kecepatan data apa dan volume data apa yang dapat ditolerir oleh system ? 
f.        Apa pengaruh kombinasi tertentu dari data terhadap operasi system ?

Dengan mengaplikasikan teknik black-box , maka kita menarik  serangkaian test case yang memenuhi kriteria berikut ini :
a.         Test case yang mengurangi, dengan harga lebih dari satu, jumlah test case tambahan yang harus didesain untuk mencapai pengujian yang dapat dipertanggung jawabkan. 
b.        Test case yang memberitahu kita sesuatu mengenai kehadiran atau ketidak hadiran kelas kesalahan, dari pada member tahu kesalahan yang berhubungan hanya dengan pengujian spesifik yang ada.

  K E S I M P U L A N  

Adapun kesimpulan setelah beberapa hari kelompok kami melakukan pengujian terhadap impelentasi sistem reservasi on-line berbasis website pada website Hotel Orchideli, kelompok kami mendapatkan suatu hal menarik saat melakukan pengujian yang ada pada website tersebut. Beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari penulisan makalah ini adalah:

a. Pengujian aplikasi website ini adalah untuk mencari kesalahan (error). Pengujian dikatakan berhasil apabila dapat memunculkan kesalahan yang belum diketahui. Jadi, pengujian yang baik bukan untuk memastikan tidak adanya kesalahan tetapi untuk mencari sebanyak mungkin kesalahan yang ada pada program guna memperbaiki sebuah aplikasi khususnya website Hotel Orchideli agar menjadi lebih baik dan sempurna.  
b. Teknik pengujian dengan menggunakan black-box testing sangat cocok digunakan untuk melakukan pengujian dalam waktu yang cukup singkat. Karena perangkat lunak tanpa memperhatikan kodingnya, hanya menguji masukan dan keluaran saja dan hanya menilai apakah keluaran yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan.  
c. Website hotelorchideli.esy.es ini dibuat dengan perenacanaan, perancangan, dan implementasi yang bisa dibilang 75% cukup baik dan sesuai apa yang diharapkan.

Berdasarkan pengujian pada test case yang telah diuraikan pada Bab III, baik pada pengisian data/record pada masing-masing form ataupun pengambilan data/record dapat menyajikan informasi dan pesan yang dapat dipahami oleh pengguna, sehingga dapat meminimalisir kesalahan penggunaan yang dilakukan oleh pengguna website.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Etika dan Profesionalisme - Analisis dan Pengujian Sistem pada Website Hotel Orchideli ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 01 Juli 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Etika dan Profesionalisme - Analisis dan Pengujian Sistem pada Website Hotel Orchideli
 

0 komentar:

Posting Komentar