, Etika dan Profesionalisme - ANALISIS ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM (ERD) SISTEM INFORMASI TIKET PESAWAT TERBANG: PT. GARUDA INDONESIA BERBASIS WEB | DHANDY YUSUF SAHYADI | BLOG
Floating Right

Etika dan Profesionalisme - ANALISIS ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM (ERD) SISTEM INFORMASI TIKET PESAWAT TERBANG: PT. GARUDA INDONESIA BERBASIS WEB

  P E N D A H U L U A N  

L A T A R     B E L A K A N G
Pada masa era globalisasi ini banyak orang yang memanfaatkan jasa-jasa transportasi. baik lewat darat, laut maupun udara. Riset ini akan membahas dan mengambil jalur transportasi melalui udara yaitu pesawat terbang. Sekarang banyak orang yang menggunakan jasa penerbangan ini lewat transportasi udara, karena dinilai lebih efektif dan efisien dari segi waktu, biaya dan tenaga. Dengan menggunakan pesawat terbang user  akan lebih cepat sampai ditujuan yang diinginkan. Pada kenyataannya user sangat membutuhkan system transportasi pesawat terbang secara online sehingga tidak perlu harus pergi ke agen penjualan tiket dan antri menunggu membeli tiket, karena hal tersebut sangat mengganggu aktifitas setiap user yang membutuhkan tiket tersebut, terutama untuk kalangan eksekutif yang sangat padat aktifitasnya dan  memerlukan jasa pelayanan transportasi udara yang praktis. Maka dengan melihat kondisi yang demikian dibangun aplikasi system informasi pesawat terbang  di PT GARUDA INDONESIA berbasis web. 

Gambar 1.1. Garuda Indonesia

Riset ini dapat bermanfaat dan menjadi sebuah terobosan baru penjualan tiket pesawat secara “on line”, dan akan menjadi program yang lebih mudah dan fleksibel untuk digunakan oleh perusahaan jasa transportasi udara.

T U J U A N     P E M B A H A S A N
Riset ini bertujuan untuk memberikan informasi pada konsumen tentang pemesanan tiket pesawat. Konsumen dapat memesan langsung tiket pada admin melalui web. 

M A N F A A T     A N A L I S I S
Konsumen dapat mengakses secara lebih cepat tentang informasi jadwal penerbangan pesawat dan harga tiket memalui web serta melakukan pemesanan tiket secara on line.


  P E M B A H A S A N  

ANALISIS ERD (Entity Relationship Diagram) 
Metode yang digunakan untuk memberi gambaran yang lebih sistematis mengenai model entity relationship  yang berisi komponen himpunan entitas dan himpunan relasi yang masing-masing dilengkapi dengan atribut yang merepresentasikan seluruh fakta dari dunia nyata. Gambar ERD dalam penerapan sistem informasi tiket pesawat berbasis web,  menggunakan macromedia Dreamweaver Pada PT. Garuda Indonesia.

Gambar 2.1. Entity Relationship Diagram pada Sistem Informasi Tiket Pesawat Terbang

P E R A N C A N G A N     T A B E L
Berikut ini dijabarkan tabel-tabel yang digunakan dalam perancangan suatu penerapan sistem informasi berbasis web  dengan menggunakan dreamweaver pada PT. Garuda Indonesia. 

Table admin: 
Terdiri dari id dari admin, username admin, password untuk login. Untuk primary key-nya sendiri adalah id admin. 

Tabel 1. Admin 

Table costumer: 
Terdiri dari  id costumer, nama, alamat, telepon, jenis kealmin, dari (asal keberangkatan), tujuan (tujuan dari asal keberangkatan), tanggal berangkat dari asal keberangkatan. Untuk primary key-nya sendiri adalah id (costumer). 

Tabel 2. Customer 
Table pesawat: 
Terdiri dari id ( kode dari pesawat), dari (asal keberangkatan), tujuan keberangkatan, waktu keberangkatan dari daerah asal, harga tiket. Untuk primary key-nya sendiri adalah id (kode pesawat). 

Tabel 3. Pesawat 

Table reservasi: 
Terdiri dari kode reservasi, id costumer, id (kode) pesawat, id admin. Untuk primary keynya sendiri adalah kode reservasi. 

Tabel 4. Reservasi 

Keempat tabel yang ada dalam system semuanya berkaitan, table costumer berhubungan dalam tabel reservasi melalui id costumer. Table admin berhubungan dengan tabel reservasi melalui id admin, table pesawat juga berhubungan dengan tabel reservasi melalui id(kode) pesawat. Sedangkan alam table reservasi, id costumer,vid (kode) pesawat, id admin adalah sebagai foreign key. 


  K E S I M P U L A N  

KELEBIHAN PENGGUNAAN SISTEM
Kelebihan dari system aplikasi yang dibangun adalah:
1. Konsumen lebih mudah dalam pembelian tiket pesawat. 
2. Konsumen lebih mudah melihat harga dan jadwal penerbangan karena bersifat online. 
3. User lebih leluasa untuk mengakses informasi tentang jadwal penerbangan. 
4. Lebih efektif dan efisien dalam hal waktu, tenaga dan biaya. 

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 
1. Program ini berguna untuk memudahkan user dalam pemesanan tiket pesawat. 
2. User dapat melihat data lebih cepat dan dapat mengakses informasi di mana saja, selama terkoneksi dengan internet. 
3. Data yang diperoleh bersifat dinamis yang artinya sewaktu-waktu dapat berubah. 
4. Memberikan kemudahan bagi para agen pemesanan tiket dalam meningkatkan mutu pelayanan terhadap customer.  
5. Bermanfaat dan menjadi sebuah terobosan baru penjualan tiket pesawat secara “on line”, dan akan menjadi program yang lebih mudah dan fleksibel untuk digunakan oleh perusahaan jasa transportasi udara. 

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Etika dan Profesionalisme - ANALISIS ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM (ERD) SISTEM INFORMASI TIKET PESAWAT TERBANG: PT. GARUDA INDONESIA BERBASIS WEB ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 01 Juli 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Etika dan Profesionalisme - ANALISIS ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM (ERD) SISTEM INFORMASI TIKET PESAWAT TERBANG: PT. GARUDA INDONESIA BERBASIS WEB
 

0 komentar:

Posting Komentar